03/05/11

ANSAMBEL


Di dalam musik, ada beberapa bentuk penyajian dalam bermain musik.Salah satunya adalah ANSAMBEL. Berasal dari bahasa Prancis : ENSEMBLE. Secara harfiah berarti bersama-sama. Pengertian dalam musik adalah bermain musik secara bersama-sama. Istilah lain dari ANSAMBEL adalah MUSIK KAMAR atau dlam bahasa Inggris: CHAMBER MUSIC. Pada jaman dahulu, ansambel atau musik kamar hanya dimainkan di dalam gereja dan di panggung terbuka (yang dikelilingi penonton) atau di panggung drama yang penontonnya banyak.
            Dalam musik kamar ada berbagai perpaduan, dari kelompok yang kecil sampai kelompok yang besar, antara lain :
1.      DUO atau DUET yaitu lagu yang dimainkan oleh 2 pemain dengan berbagai kombinasi, antara lain : biola-piano; cello-piano; clarinet-piano dll.
Dalam vocal bila ada 2 penyanyi maka juga disebut DUO atau DUET, bukan TRIO walaupun ada piano karena disini peran piano hanyalah sebagai pengiring.
2.   TRIO yaitu lagu yang dimainkan oleh 3 pemain dengan berbagai kombinasi, antara lain : biola-biola alto-cello; flute-clarinet-piano; biola-cello-piano dll.
3.   KWARTET yaitu lagu yang dimainkan oleh 4 pemain dengan berbagai kombinasi, antara lain : biola I-biola II-biola alto-cello; flute-oboe-clarinet-fagot; trumpet-trombone-corno-tuba dll.
4.   KWINTET yaitu lagu yang dimainkan oleh 5 pemain dengan berbagai kombinasi, antara lain : biola I-biola II-biola alto-cello-contrabass; piano-kwartet gesek dll.

1 komentar:

Technical Analysis mengatakan...

Hi Dear Kirna,
I look this blog and fount it amazing. I really appreciate with your music course.
we are providing services of Technical Analysis, technical analysis book, technical analysis course and technical analysis guide from India.

Posting Komentar

 
Supported by : Isdaryanto.Com | CyberNews | Digital Keyboard | KapanSaja